MEmberikan DunIA yang INdah Sebagai Penyemangat hIdup dalam berkReASI.
Home » » Glosarium Teknologi Informasi & Komunikasi

Glosarium Teknologi Informasi & Komunikasi

Sekilas Info | 18.50 | 2komentar



A

Access Point

à suatu peralatan teknologi tempat interkoneksi tanpa kabel ke berbagai perangkat, access point ini merupakan pusat interkoneksi tersebut.

Antivirus

à program untuk melacak keberadaan dan mengamankan virus pada media penyimpanan, baik pada disk atau memori.

ASP (Active Server Pages)

à produk server-side scripting yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation.

Anchor

à link dalam hyperteks, baik dalam bentuk grafik ataupun
teks, untuk menuju alamat tertentu.

ARP (Address Resolution Protocol)

à (kebalikan dari RARP) protokol yang digunakan untuk memetakan alamat IP menjadi alamat perangkat keras, yakni alamat MAC.

B

Bridge

à perangkat jaringan yang berfungsi menguatkan sinyal yang ditransmisikannya. Tidak seperti repeater, brigde mampu menentukan tujuan (intelligent repeater).

Booting

à proses untuk menghidupkan komputer sampai sistem operasi mengambil alih proses.

      Blogger

à seseorang yang menjalankan satu atau lebih blog.

Blog

à sebuah website yang berisi materi berupa tulisan, link atau foto yang dikirim oleh individu. Blog dibuat untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Sebenarnya blog kependekan dari weblog, supaya mudah diucapkan dan dihafal, maka tidak sedikit orang hanya menyebutnya “blog” saja.

Blogroll

à daftar eksternal link yang terdapat dalam sebuah blog, seringkali link menuju blog lainnya dan berupa kolom dalam sebuah homepage. Blogroll seringkali terdiri atas sejumlah “subkomunitas” blogger yang saling terikat dalam sebuah pertemanan.
C

Content Syndication

à pembuat situs atau administrator menjadikan sebagian atau semua isi blog agar otomatis terkirim ke website lainnya.

Comment Spam

à layaknya spam pada email. Robot “spambots” membanjiri sebuah blog dengan iklan dalam bentuk komentar palsu. Jika comment spam menimbulkan masalah serius, maka blogger dan platform blog membutuhkan alat yang mampu melarang pengguna atau menolak sebuah alamat web dalam komentar yang dimasukkan.

Cracker

à (kebalikan dari Hacker) mereka yang memasuki sistem operasi orang lain dengan cara mendapatkan account yang tidak sah dengan tujuan jahat.

D

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

à protokol yang digunakan untuk keperluan permintaan dan pemberian IP address, Subnet mask, Default gateway dan DNS server address secara otomatis kepada komputer client, sehingga tidak perlu melakukan konfigurasi secara manual. Protokol ini memanfaatkan port 67 dan 68/UDP untuk beroperasi.

Dynamic Routing/Routing Dinamis

à routing yang memanfaatkan suatu algoritma sehingga perangkat router dapat menentukan jalur routingnya secara otomatis, dengan cara menjelajah jaringan tersebut dan bertukar informari routing antar router.
E

EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol)

à routing protocol yang dibuat CISCO (CISCO proprietary) yang menggunakan Diffusing Update Algorithm (DUAL), dengan bertukar informasi "Hello packet" untuk memastikan keberadaan router yang ada di sekitarnya. Pada bandwidth yang besar (lebih dari 1.544 Mbps) router saling bertukar informasi setiap 5 detik, dan 60 detik pada bandwidth yang lebih rendah. Default Hold Time-nya adalah tiga kali nilai Hello Packet.
Extranet
à bagian dari intranet suatu organisasi/perusahaan yang diekspose kepada usernya di luar organisasi/perusahaan tersebut, biasanya melalui internet.

EAROM (Electronically Alterable Read Only Memory)
à salah satu jenis ROM yang dapat diprogram ulang sepanjang masih berada didalam komputer.

EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange)
à Sistem sandi 8 bit untuk 256 kombinasi/karakter, merupakan sistem sandi standar dalamkomunikasi data

ECL (Emitter Coupled Logic)
à Metode pembangunan logika yang sering dipakai sistem komputer besar.

F
Fanfold Paper
à Jenis kertas yang dipakai untuk mencetak keluaran proses komputer sering disebut

Far End Crosstalk
à Crosstalk yang terjadi dalam rangkaian komunikasi yang bergerak ke arah yang sama dandianggap sebagai sinyal dalam rangkaian tersebut.

FARNET
à Nama perusahaan non-profit  yang bertujuan meningkatkan pemakaian jaringan komputersebagai pendorong peningkatan pendidikan dan penelitian.

FAST (Federation Againts Software Theft)
à Suatu organisasi di Inggris yang dibentuk dengan tujuan untuk mengkampanyekanperlindungan atas hak-hak pembuat
Faktor Interleave
à Perbandingan banyak sector  yang diloncati dalam proses perekaman data dalam hard disk 
G
General Routine
à Sebuah rutin program dalam komputer yang dapat dipakai menyelesaikan beberapa masalahsepanjang parameter yang sesuai telah tersedia.

Generate and Test
à Teknik penyelesaian masalah dengan komputer dengan cara menyusun daftar penyelesaianyang mungkin dan menguji satu per satu untuk menentukan solusi yang tepat.
Generate Address
à Cara penghitungan alamat yang telah ditentukan oleh perintah-perintah dalam program.
Generation
à Cara pengelompokkan perkembangan komputer yang didasar pada perkembangan perangkatkerasnya, pemakaian perangkat lunak, sertateknik pemrogramannya.
Generation Data Group
à Pengelompokkan data yang telah disimpan berdasarkan urutan kejadiannya
H
Hub
à perangkat jaringan yang menghubungkan semua komputer yang terhubung ke LAN yang meruapakan repeater dengan jumlah port banyak (multiport repeater).

Hotspot

à jangkauan dari jaringan WiFi, digunakan untuk interkoneksi tanpa kabel antar berbagai perangkat, misalnya notebook, PDA dll.

HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)

à protokol yang digunakan untuk mentransfer halaman web yang berbasis hyper text, sebuah format teks yang umum digunakan di Internet.
Hacker
à (kebalikan dari Cracker) orang yang benar-benar tertarik dan mendalami sistem operasi komputer, mempunyai pengetahuan dan kemampuan yang lebih tentang sistem operasi dan bahasa pemrograman, mengetahui kelemahan sebuah sistem akan tetapi mereka tidak memanfaatkan kelemahan tersebut untuk tujuan kejahatan.
HLLAPI (High Level Languge Application Program Interface)
à Program interface IBM yang memungkinkan sebuah aplikasi PC untuk berkomunikasidengan sebuah aplikasi mainframe.
I

IMAP (Internet Message Access Protocol)

à protokol standar untuk mengakses/mengambil e-mail dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan ia ambil, membuat folder di server, mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan e-mail yang ada.

Install

à proses pemasangan dan penyetingan perangkat (keras/lunak) agar bias digunakan oleh sistem.

ISP (Internet Service Provider)

à perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau akses internet melalui jaringan telepon.
à jaringan komputer sebuah organisasi (biasanya perusahaan) yang dilengkapi dengan sebuah atau beberapa web server untuk keperluan organisasi tersebut.


à jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hi
J
Jaggies
à Suatu efek bergerigi yang timbul akibat dari teknik digital yang digunakan untuk menampilkan sebuah gambar. Efek ini terutama terlihat pada garis diagonal.
Java
à Bahasa pemrograman untuk menciptakan isi yang aktif dalam halaman Web, juga dapatdijalankan dalam semua komputer. Applet Java diambil/diakses dari halaman Web dan dijalankansecara total.
Java applet
à Sebuah program Java yang didownload dari server dan dijalanan melalui program browser.Java Virtual Machine dibundle di dalam browser dan memberikan instruksinya.
JavaScript
à Bahasa script interpreter untuk menciptakan isi yang aktif dalam halaman Web
K
Konektor Floopy dan IDE
à Konektor ini menghubungkan motherboard dengan piranti simpan permanen seperti floopydisk atau harddisk. Konektor IDE dalam sebuah motherboard biasanya terdiri dari dua, satu adalahprimary IDE dan yang lain adalah secondary IDE. Konektor primary IDE menghubungkanmotherboard dengan primary master drive dan piranti secondary master. Sementara konektorsecondary IDE biasanya disambungkan piranti-piranti untuk akses slave seperti CDROM danharddisk slave.
Konektor Power
à Pin yang menyambungkan motherboard dengan power supply di casing sebuah komputer.Pada motherboard tipe AT, casing yang dibutuhkan adalah tipe AT juga. Konektor power tipe ATterdiri dari dua bagian, dimana dua kabel dari power supply akan menancap. Pada tipe ATX, kabelpower supply menyatu dalam satu header yang utuh sehingga tinggal menancapkannya dimotherboard. Kabel ini terdiri dari dua kolom sesuai dengan pin di motherboard yang terdiri atasdua larik pin juga. Ada beberapa motherboard yang menyediakan dua tipe konektor power, AT danATX. Kebanyakan motherboard terbaru sudah bertipe ATX

L
Land Attack
à Serangan kepada sistem dengan menggunakan program yang bernama “land”. Apabilaserangan diarahkan kepada sistem Windows, maka sistem yang tidak diproteksi akan menjadi hang(dan bisa keluar layar biru).
Land 
à menyerang server yang dituju dengan mengirimkan packet palsu yang seolah-
olahberasal dari server yang dituju. Dengan kata lain, source dan destination dari packet dibuat seakan-akan berasal dari server yang dituju. Akibatnya server yang diserang menjadi bingung.
Layer
à Lapisan (konsep) dalam networking. Berbagai model komunikasi seperti OSI dan TCP/IPterdiri atas beberapa layer yang menyusun protokol tersebut.


LCD (Liquid Crystal Display)
à Jenis tampilan layar yang menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai strukturmolekul polar, diapit antara dua elektroda yang transparan. Bila medan listrik diberikan, molekulmenyesuaikan posisinya pada medan, membentuk susunan kristalin yang mempolarisasi cahayayang melaluinya.
LDAP (Lightwieght Directory Access protocol)
à Protokol yang digunakan untuk mengkases berbagai informasi dalam suatu direktori. LDAPdikembangkan atas dasar X.500 hanya saja lebih mudah dan mendukung TCP/IP. Walaupunpenggunaannya belumlah luas tapi LDAP yang merupakan Open Protocol sangat fleksibel karenabisa diimplementasikan untuk aplikasi seperti E-mail, Public Key dengan berbagai platform dansistem operasi.
M
Macromedia Flash
à Software untuk membuat animasi yang biasanya digunakan untuk berbagai keperluan diInternet.
Mailer
à Program untuk menerima, membaca, menulis dan mengirim e-mail.
Mailing list
à Sebuah forum diskusi di Internet dengan menggunakan e-mail. Satu pesan dari seoranganggota akan diterima oleh semua anggota.
Mail Notifier
à Fitur dalam mailer yang selalu memberitahu kita bila ada e-mail datang.
Man Command
à Perintah dalam UNIX yang memungkinkan untuk mendapatkan informasi tentang perintah-perintah dalam sistem operasi UNIX (man merupakan singkatan manual), dan command merupakanparameter perintah yang ingin diketahui.
N
network 
à hanya digunakan untuk menjalankan aplikasi secara lokal dalam host yangbersangkutan.
Network server
à komputer yg bertugas menerima,menyimpan,danmenyediakan informasi untuk pengguna newsgroup dlm bentuk pesan.
Newsgroup
à diskusi mengenai topik tertentu yg dilakukan secara online.
Newbie
à pengguna internat pemula.
NCP
à dukungan terhadap Netware melalui protokol NCP.
O
Online
à yang berisi nama dan password 
P

Permalink (Permanent Link)

à Permalink (Permanent Link) adalah alamat web setiap item yang dikirim dalam sebuah blog. Sebuah cara mempersingkat bookmark (menandai) berita atau isi tertentu, walaupun isi telah dimasukkan dalam arsip blog.

Post

à Post adalah item yang dikirimkan ke dalam sebuah website, dapat berupa pesan atau berita maupun hanya berupa foto atau link. Seringkali berupa item-item pendek, termasuk link eksternal yang dapat dikomentari oleh para pengunjung.

Podcasting (iPod & broadCasting)

à Podcasting (iPod & broadCasting) adalah pengiriman audio dan video ke dalam sebuah blog dan RSS feed untuk pemutar musik digital.

Ping (Packet InterNet Groper)

à Ping (Packet InterNet Groper) adalah suatu program dari aplikasi TCP/IP yang digunakan untuk test koneksi dengan mengirim suatu paket data kepada host dan menghitung lamanya waktu yang dibutuhkan untuk proses pengiriman dan penerimaan respon tersebut.

POP (Post Office Protocol)

à protokol yang digunakan untuk menerima dan membaca email dari suatu halaman web. Belakangan ini POP3 adalah standard yang paling popular.
R

RFC (Request For Comment)

à RFC (Request For Comment) adalah semacam dokumen yang berisi ketentuan protokol, baik yang sudah menjadi standar ataupun yang masih dalam tahap experimen atau draft. Semua protokol standar di internet selalu ditulis dalam bentuk dokumen RFC dan diberi nomor tertentu.

Router

à Router adalah sebuah komputer khusus, router mempunyai komponen-komponen dasar yang sama seperti PC desktop.

RARP (Reverse Address Resolution Protocol)

à RARP (Reverse Address Resolution Protocol) adalah (kebalikan dari ARP) protokol yang digunakan untuk memetakan alamat MAC menjadi alamat IP.

RDP (Remote Desktop Protocol)

à RDP (Remote Desktop Protocol) adalah protokol multi-channel yang memperbolehkan user untuk terkoneksi dengan Microsoft Terminal Services. Pada bagian client dapat dilakukan remote dari sistem operasi Windows atau yang lainnya (Linux, FreeBSD, Mac OS X). Pada bagian server aplikasi ini menggunakan port 3389.

Refresh

à Refresh adalah menyesuaikan kembali (kondisi komputer khususnya software) ke keadaan sebenarnya.

S

Supernet

à menggabungkan beberapa sub-network menjadi sebuah network yang memiliki range address lebih besar. Proses pembentukan suatu supernet sering disebut supernetting, route aggregation, atau route summarization. Manfaat dari supernetting adalah mempersingkat routing table sebuah router sehingga menghemat memori pada router tersebut.

Spam

à pesan yang tidak diinginkan yang masuk melalui email, bisa berupa pesan tidak berarti atau iklan yang kurang berguna.

Static Routing/Routing Statis

à routing yang jalurnya dibangun berdasarkan definisi dari adminstrator untuk mengatur jalur dari sebuah paket data.

SCP (Secure Copy)

à aplikasi layaknya RCP (Remote CoPy) hanya saja bedanya disini scp menggunakan ssh sebagai metode authentikasi.

SSH (Scure SHell)

à protokol standar yang membentuk jalur yang aman pada komunikasi antar komputer. SSH menggunakan teknik enkripsi public key pada sistem authentikasi pengguna untuk mengakses komputer yang lain.
T

TKIP (Temporal Key Integrity Protocol)

à TKIP (Temporal Key Integrity Protocol) adalah sebuah protokol yang didefinisikan oleh IEEE 802.11i yang mengkhususkan untuk jaringan nirkabel untuk menggantikan WEP, dengan cara melakukan perubahan kunci (network key) secara dinamis selama sistem sedang digunakan.

Trackback

à cara agar website dapat berkomunikasi secara otomatis dengan memberikan tanda satu sama lain bahwa sebuah item yang dikirim dalam sebuah blog/situs merujuk pada item sebelumnya.

TTL (Time To Live)

à TTL (Time To Live) adalah sebuah batasan waktu suatu data yang diperbolehkan berada (hidup) dalam suatu jaringan.

à Traceroute adalah aplikasi yang digunakan untuk melacak jalur mana saja yang dilalui untuk menuju ke host tujuan. Traceroute akan menampilkan titik-titik perantara yang menjembatani anda dan titik tujuan anda, ‘jembatan’ inilah yang biasa disebut dengan router, data yang anda kirimkan akan meloncat melewati jembatan-jembatan ini.

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)

à protokol yang memungkinkan sistem di seluruh dunia berkomunikasi pada jaringan tunggal yang disebut Internet.
U
Unix
à sistem operasi yg digunakan pd PC maupun Mainframe
Uptime
à wakti dimana sebuah website dapat diakses/online.

Usability
à layanan produk yg disediakan untuk kemudahan pengguna dlm rangka mencapai tujuan-tujuan tertentu.
W

WEP (Wired Equivalent Privacy)

à sebuah fitur keamanan/security standar untuk peralatan wireless dengan memberikan tingkat privasi layaknya jaringan berbasiskan kabel.
à standar yang digunakan untuk jaringan lokal tanpa kabel/nirkabel dan merupakan standar teknologi wireless yang dimiliki oleh WI-FI Alliance. WIFI didasari oleh standar spesifikasi 802.11 yaitu 802.11a, 802.11b, 802.11g dan yang terbaru adalah 802.11n. Masing - masing spesifikasi memiliki karakteristik yang berbeda mulai dari luas coverage (cakupan) sampai kecepatan transfer.
à teknologi telekomunikasi yang ditujukan untuk menyediakan layanan komunikasi data wireless jarak yang jauh dengan berbagai cara, mulai dari koneksi point-to-point sampai akses mobile cellular.

Wiki

à (berasal dari bahasa Hawai “wikiwiki” yang berarti cepat) sebuah website yang dapat diupdate dengan mudah dan cepat oleh pengunjungnya. Kata wiki dapat pula diartikan sebagai alat yang digunakan untuk membuat wiki (mesin atau engine wiki).

WAN (Wide Area Network)

à sebuah jaringan komunikasi data yang menghubungkan user-user yang ada di jaringan yang berada di suatu area geografik yang besar seperti propinsi atau negara. WAN selalu menggunakan fasilitas transmisi yang disediakan oleh perusahaan telekomunikasi seperti perusahaan layanan telepon.
Karakteristik dari WAN
.
Y
Yahoo!.
à singkatan dari Yet Another Hierarchical officiou orace.
Yahoo Messenger
à merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!.
Z
Za
à Top level dari negara South Africa.
Zip socket(zero Insertion force socket
à Sebuah tipe socket yg didesain agar mudah dimasuki chip PGA.

Share this article :

2 komentar:

Dani mengatakan...

makasih bos...!!!

Sekilas Info mengatakan...

sama-sama bos.. :)

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MEDIA INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger